Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Sabtu, April 05, 2014

Bahasa Jiwa Bangsa


Secara linguistik, 'lingua franca' yang digunakan oleh rakyat Melayu Patani di Selatan Thailand adalah bahasa Melayu. Hanya sedikit di antara mereka yang berbicara bahasa Thai. Bagi mereka yang mampu berbahasa Thai, jarang ditemui mereka menggunakannya dalam percakapan sehari-hari. 
Bagi bangsa Thai Selatan, penggunaan bahasa Melayu memiliki implikasi kutural yang signifikan karena bahasa mencerminkan identity. Bagi mereka, bahasa merupakan pengikat dan perekat ke-Melayua-an mereka, menyimbolkan dunia mereka, ekspresi emosi dan hubungan sosial di antara mereka. 
Bahasa asal (native language) menciptakan kesadaran yang mampu mengikat Rakyat untuk menjadi lebih dekat dengan tanah leluhur dan mempertahankan loyalty (loyalist:kesetiaan) kepada tanah leluhurnya tersebut. Bagi bangsa Melayu Patani di Thai Selatan, bahasa Melayu adalah bahasa Islam juga  (Dulyakasem, 1984: 218). Bagi masyarakat Patani Selatan Thai “Melayu” adalah bahasa dan nasionalis (nationality); kehilangan bahasa berarti kehilangan identity, yang juga berarti kehilangan Sejarah dan Budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar