Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Kamis, Oktober 25, 2012

Mahasiswa Menggelar Aksi Damai Memperingati 8 Tahun Pembantaian Tragedi Tak Bai di Depan Kedutaan PBB




Setiap tanggal 25 Oktober,  merupakan hari yang memperingati terjadinya peristiwa Tak Bai yaitu pembantaian yang dilakukan oleh aparat pemerintah di daerah Tak Bai Provinsi Narathiwat terhadap masyarakat setempat. Pembantaian tersebut terjadi antara 25 Oktober 2004 yang menelan korban ratusan jiwa. Memperingati Hari Tak Bai ini, puluhan mahasiswa menggelar aksi damai di depan keduataan PBB (UN) di Bangkok.

Aksi damai yang dilakukan  bertujuan agar masyarakat pada umumnya mengetahui peristiwa yang terjadi pada tanggal 25 Oktober di Tak Bai. Pihaknya menilai bahwa masih banyak masyarakat dunia yang belum mengetahui apa yang terjadi pada tanggal 25 Oktober ini. 

Tanggal 23 Oktober 2012 Mahasiswa melakukan aksi turun ke jalan untuk memperingati 8 tahun pembantaian dalam Tragedi Tak Bai di depan keduataan PBB (UN) di Bangkok.

8 tahun telah berlalu Tragedi Tak Bai tanggal 25 Oktober 2004. Segera setelah itu militer secara brutal memberangus demontrasi tersebut. Sekitar ratusan orang telah dibunuh, ribuan orang hilang, dan ribuan lainnya ditahan hingga kini. Beberapa diantaranya mati misterius dalam penjara dan ribuan lainnya melarikan diri ke luar negara tetangga di Malaysia yang hidup tanpa status.

Sepanjang 8 tahun yang penuh kekerasan itu, UN bergeming dan tetap menganggap itu masalah domestik Thaialnd. UN menutup mata akan krisis kemanusiaan di perbatasan.

UN sepatutnya mendukung dibentuknya komisi penyelidik internasional PBB untuk memperoleh laporan yang pasti tentang kekerasan yang berlangsung di Selatan Thailand sejak pemberangusan demonstrasi Tak Bai tanggal 25 Oktober 2004 hingga hari ini.

Pada hari yang sama dengan peringatan terjadinya demonstrasi Tak Bai ini, sepatutnya UN menjadikannya pelajaran dan membangun komitmen bahwa tidak ada toleransi bagi terjadinya peristiwa serupa di kemudian hari di kawasan Asia Tenggra kususnya terhdap minority Melayu di perbatasan Selatan Thailand ini.






















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar