Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Rabu, Oktober 10, 2012

Ancaman Kerja Hari Jumat di Provinsi Selatan



Pasar-pasar di Thailand Selatan seperti di Pattani, Narathiwat dan Yala Jumat (5/10) terlihat sepi lagi. Sebagian besar pedagang masih takut membuka kedai-kedai mereka, karena dengar gossip akan diancam.

Beberapa pekan yang lalu, selebaran bertebaran di provinsi Thailand Selatan, yang mengancam tindak kekerasan apabila ada pedagang berani membuka kedai-kedai mereka pada setiap Jumat. Banyak toko yang tutup pada Jumat kemarin dan Jumat pekan lalu, karena para pemiliknya merasa lebih aman.

Pertokoan di kota Narathiwat dan Yala pun terlihat sepi, meskipun aparat keamanan terus berpatroli dengan senjata laras panjang. Imbauan ulama Chula Ratchamontri Aziz yang menyatakan bekerja pada hari Jumat tidak dilarang Islam, tampaknya tidak manjur. Para pemilik toko lebih takut terhadap ancaman kelompok gelap itu daripada imbauan Aziz.

Gubernur Yala Dechrat Simsiri juga mengerahkan para pegawai negeri untuk meyakinkan para pedagang supaya membuka kedai-kedai mereka, seperti dilaporkan koran The Nation terbitan Bangkok Sabtu (6/10).

Boonsom Thongsriprai, ketua Federasi Guru Provinsi-provinsi Perbatasan Selatan, mengatakan bahwa ancaman itu juga ditujukan kepada para guru agar tidak mengajar pada hari Jumat. Dia meminta aparat keamanan untuk mengambil tindakan tegas agar warga Selatan tidak terus hidup dalam ketakutan seperti ini.


Kerajaan Thailand menuduh Pejuang kemerdekaan Patani yang yang melarang orang bekerja pada hari Jumat. Namun demikian, pada Rabu (10/10) selebaran bertebaran juga berlaku  dengan mengatakan dalam isi surat ‘tuduhan ini di nafikan oleh pejuang Patani. Selebaran bertebaran sebelum ini dilakukan oleh pihak kerajaan yang bertujuan untuk menakuti penduduk masyarakat’ katanya dalam isi surat (http://www.thairath.co.th/content/region/297477)

Ancaman tindak kekerasan ini memberi peluang kewenangan pada pihak tentera kerajaan kolonial Thailand bertindak sesuka hati apabila bersamaan pada hari jumat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar