Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Kamis, Oktober 11, 2012

Siaran Dalam Bahasa Melayu Akan Mengudara

'Strategi penyiaran bahasa Melayu dengan merangkul masyarakat Melayu di Selatan untuk membuat mereka merasa semakin menjadi bagian dari Thailand'

The National Broadcasting Service of Thailand (NBT) tahun depan menginstruksikan stasiun-stasiun radio dan televisi di Thailand Selatan akan sepenuhnya beralih ke siaran dalam bahasa Melayu, tutur Nivitthamrong Boonsongpaisal, seorang pejabat di Kantor Perdana Menteri, Senin kemarin (8/10).

Saat ini siaran dalam bahasa Melayu di Thailand Selatan hanya beberapa jam dalam sehari. Nivatthamrong, Kementerian Informasi yang membawahi NBT, menginstruksikan stasiun-stasiun televisi dan radio di Selatan untuk menyiarkan program-program dalam bahasa Melayu mulai Januari mendatang.

Sebagian besar penduduk Muslim di provinsi-provinsi Selatan yang berbatasan dengan Malaysia berbicara dalam bahasa Melayu, tulis koran The Nation Selasa ini (9/10).

Program siaran dalam bahasa Melayu di Channel 11 akan menayangkan film-film dokumenter dan hiburan yang diambil dari stasiun-stasiun televisi lain. Program-program dalam bahasa Melayu ini menurut Nivatthamrong akan membantu para pendengar dan pemirsa mendapat informasi mengenai kesempatan kerja dan program-program lainnya.

Pemerintahan PM Yingluck Shinawatra mulai menggencarkan strategi penyiaran dengan merangkul masyarakat Melayu di Selatan untuk menghindari konflik masyarakat Thailand dengan penganut Budha dan tentara. Siaran dalam bahasa Melayu tentu akan digemari warga Selatan dan membuat mereka merasa semakin menjadi bagian dari Thailand.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar