Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Rabu, Mei 02, 2012

Bom Sepeda Motor, 3 Tentera Kolonial Tewas 7 Luka Parah


Serangan bom sepeda motor datang hanya dua hari setelah Perdana Menteri Yingluck Shinawatra mengunjungi pedalaman Selatan di daerah Yarang yang berdekatan dengan daerah Mae Lan provinsi Pattani.

Tiga tentara ranger militer Thailand tewas dan tujuh lainnya terluka oleh sebuah bom sepeda motor di distrik Mea Lan Patani Selasa (1/5/2012).

Ledakan itu terjadi di Jalan Raya Patani-Yala No.418 di Ban Wang Kwang di Tambon Pa Rai distrik Mae Lan ketika para tentara yang menaiki dua truk dan dua pickup melewati sepeda motor yang diparkir saat mereka pindah ke kamp baru mereka di distrik Yarang.

Dua tentara ranger, Chokchai Chaisith dan Prasert Thopna, tewas seketika.

Chakrit Iamniewngam, ranger lain mengalami luka serius dan dibawa ke Rumah Sakit Yala, di mana ia kemudian dinyatakan meninggal. Tujuh tentara lainnya yang terluka dibawa ke Rumah Sakit Patani.

Polis mengatakan sekitar 50 tentara ranger dari Divisi Ranger ke-22 bergerak dari basis lama mereka di distrik Nong Chik ke basis baru di distrik Yarang menggunakan dua pickup dan dua truk.

Sebuah pickup memimpin konvoi, diikuti dua truk dengan bak terbuka di belakang.

Sepeda motor, sarat dengan 5 kg bahan peledak, diparkir di pinggir jalan di Ban Wang Kwang dan diledakkan dengan radio, membunuh dan melukai dua ranger dalam truk pickup terakhir, kata polis.

Polis menemukan sepeda motor itu dicuri di Mae Lan bulan lalu dan menggunakan plat palsu. Mereka juga menyalahkan Pejuang Kemerdekaan Patani atas peristiwa tersebut.

Mae Lan adalah satu-satunya distrik di tiga provinsi selatan di mana dekrit darurat dicabut setelah situasi di sana membaik.

Serangan bom sepeda motor datang hanya dua hari setelah Perdana Menteri Yingluck Shinawatra mengunjungi pedalaman Selatan.

Setidaknya menurut Reuters 5.000 orang tewas di Thailand selatan sejak tahun 2004 dalam konflik dikaitkan dengan pejuang pembebasan Patani dengan kerajaan Siam-Thai.

Thailand didominasi Buddha tetapi tiga provinsi paling selatan Pattani, Yala dan Narathiwat adalah etnis Melayu Muslim yang didominasi dan adalah bagian dari Kesultanan Melayu PATANI sampai dianeksasi independen oleh colonial Siam-Thailand pada tahun 1909.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar