Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Jumat, Oktober 24, 2014

" 25 Oct" Rememberance TAKBAI

Pembantaian Massal 'TAK BAI-25 Okotober' Oleh Rejim dictator Siam Thailand
Lawan Penggelapan Tragedi Hitam dan Masa Depan Bangsa


Cita-cita tentang Negara Gajah Putih yang demokratis, yang menjunjung tinggi perikemanusiaan dan perikeadilan. Memperingati pada tanggal 25 Oktober 2004 terkubur bersama ratusan bangkai manusia yang berbangsa Melayu dalam tragedy ‘Tak Bai Berdarah’ yang dianggap manusia sebangsa oleh pemerinta Gajah Putih Bangkok. Setelah peristiwa ‘Oktober Berdarah’ rakyat bangsa Melayu Patani seperti orang mabuk yang berjalan terseok-seok, kumuh, dan sering beringas dalam menggapai dan merumuskan identity sebuah bangsa.

Tapi mengherankan, tidak banyak studi yang dilakukan dalam masa-masa paling gelap itu. Tidak ada ’seujung kuku’ jika dibandingkan dengan, misalnya, studi tentang bangsa Syam di Syiria terhadap pemerintahan diktator pada abad ke 20 ini. Padahal, Peristiwa Tak Bai dan yang menyertainya, merupakan catatan tragedi kemanusiaan terbesar dalam rentang skala, waktu, dan jumlah korban yang ditimbulkannya. Kita seperti ingin melupakannya ketimbang merenungkannya, ingin membantahnya ketimbang memahaminya.
Menperingatkan bahwa 'Selama belum ada pertanggungjawaban negara, terhadap pelanggaran HAM (hak asasi manusia) berat (kejahatan kemanusiaan). Maka pelanggaran HAM ini merupakan kejahatan yang akan terus berkelanjutan..!!!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar