Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Selasa, Februari 26, 2013

Thailand Rencana Malaysia Menjadi Administrator Perdamaian di Selatan


Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, akan berbicara mengenai rencananya bahwa Malaysia akan menjadi perantara dalam proses perdamai di Selatan Thailand ketika akan mengunjungi Malaysia pada Kamis depan (28/2/13).

Sejauh mana Malaysia memegang peranannya masih akan dinegosiasikan, kata sebuah pernyataanpemerintah Thailand. Pejabat Thailand belum setuju apakah Kuala Lumpur harus membantu sebagai administrator atau menjadi orang tengah.

Antara Pejuang  Pro-Kemerdekaan Patani di Selatan Thailand yang dikenal adalah Barisan Revolusi Nasional-Koordinat (BRN-C) dan Organisasi Pembebasan Patani Bersatu (Pulo). 

Namun, Kementerian Luar Negeri Thailand mendesak agar peranan Malaysia diminimalisasi, kata sumber pemerintah Thailand kepada koran The Nation, Ahad (24/2/13).

Dewan Keamanan Nasional Thailand (NSC) adalah pengatur negosiasi. Militer juga membentuk tim perundingnya sendiri.

Berdasarkan sejarah, kata koran itu, pihak militer biasanya memegang peran utama dalam perundingan dengan Pejuang Pembebasan yang berlangsung di Asia Barat pada 1980-an.

Tetapi, sejak 2006, dimulai dengan pemerintah pimpinan Surayud Chulanont, organisasi publik yaitu NSC, sudah diikutsertakan.

Selain meminta Malaysia supaya lebih aktif, rencana untuk menggerakkan perundingan perdamaian ini juga bertujuan untuk menunjukkan pemerintah Yingluck benar-benar serius untuk mewujudkan perdamaian di kawasan tersebut. 

2 komentar:

  1. Thailand Rencana Malaysia Menjadi Administrator Perdamaian di Selatan,

    "adakah rayat Patani itu menbenarkan kerajaan Malayisa,untuk menjadi orang tengah,dan siapakah untuk menbagi mandat kepada Negara Malaysia untuk menjadi Orang tengah"

    BalasHapus
  2. kesian mamat Anonim ni , dia tgk gambar je ada najib trus pikir sapo lah yg suruh Malysia ni jd org tgh

    klau dia baca btol2 kat atas , sudah terang yang

    "Perdana Menteri Thailand, Yingluck Shinawatra, akan berbicara mengenai rencananya bahwa Malaysia akan menjadi perantara dalam proses perdamai di Selatan Thailand ketika akan mengunjungi Malaysia pada Kamis depan (28/2/13)."

    kesian yg amat

    BalasHapus