Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Kamis, Februari 19, 2015

Peranan Pemuda dalam Pergerakan Menentu Nasib Bangsa (2)


Secara fitrah pemuda memiliki sifat-sifat seperti berani, pantang mundur, dan memiliki standar moral (moralitas) keimanan. Pemuda memiliki kelebihan juga memiliki kekurangan. Kelebihan pemuda secara umum terlihat dari :

1. Kelebihan dari segi kekuatan fisik dan psikologi berbeda dengan usia kanak dan tua, pemuda memiliki kelebihan dalam kekuatan fisiknya, bahkan seorang pemuda yang sedang jatuh hati dia akan mampu mendaki gunung yang tinggi atau menuruni ngarai terjal sekalipun, karena pada saat itulah dia memiliki kekuatan fisik yang primadan energik
2. Kekuatan akal berbeda dengan usia kanak dan tua, pemuda memiliki kelebihan dalam kekuatan akalnya. Kekuatan yang membatasi antara ketidaktahuan dengan kepikunan diiringi dengan spirit idealisme dan eksplorasi pemaknaan dalam lingkup yang luas.
3. Kekuatan semangat berbeda dengan usia kanak dan tua, pemuda memiliki kelebihan dalam kekuatan semangatnya. Semangat untuk bergerak, berubah, hingga memberi kontribusi bagi integrity diri serta ruang dan waktu yang meliputi dirinya.
4. Masa muda adalah masa subur idealisme. Banyak peristiwa-peirstiwa besar dalam sejarah adalah karena idealisme masa muda. Semangat menentukan nasib sendiri (RSD) yang bisa mengantarkan bangsa ini bebas dari penjajahan Siam-Thailand adalah karena gelora idealisme anak-anak muda masa sekarang ini.
5. Masa muda adalah masa yang paling efektif untuk menabung amal untuk hari tua. Sebagaimana Nabi saw. menyebutkan lima hal yang harus diperhatikan oleh manusia sebelum lima hal lainnya, dan salah satunya: “Syabaabaka qabla haramika (Masa mudamu sebelum masa tuamu).”

Di sisi lain pemuda memiliki kekurangan. Kekurangan yang paling mencolok adalah mudah emosional, tempramental, senang bergerombol.

Maka dari itu, secara umum bisa kita lihat bahwa Pemuda memiliki semangat untuk berubah dan kemampuan untuk melakukan perubahan sehingga dikatakan bahwa pemuda adalah 'agent of change'. Hal inilah yang menjadi peran paling penting dari pemuda.

Lihat sambungan di, Peranan Pemuda dalam Pergerakan Menentu Nasib Bangsa (Akhir), http://dangerofpatani.blogspot.com/2015/02/peranan-pemuda-dalam-pergerakan-menentu.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar