Right Of Self Determination - Give Back For The PATANIAN Entire Land

Minggu, Juli 13, 2014

Sumber Alam di Negeri Ujung Selatan


..Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupkuBiarpun saya pergi jauhTidak kan hilang dari kalbuTanah ku yang kucintaiEngkau kuhargai ...

Di Selatan Thailand (PATANI) terdapat tiga provinsi berpenduduk majority Melayu, yaitu Narathiwat, Pattani, Yala dan empat kabupaten provinsi Songkhla.

Juga benar bahwa provinsi di Selatan tergolong paling makmur, dengan memilki kekayaan sumber daya alam yang beraneka ragam seperti emas, minyak, gas, karet, buah-buahan, hasil lautan, perikanan, dan masih banyak lagi. Selain kekayaan sumber daya alam, Selatan negeri ini memiliki keeksotisan alam yang luar biasa seperti gunung, pantai, lautan, hutan, gua, persawahan, dan berbukitan. 

Selatan negeri ini yang majority Melayu itu sangat kaya, sehingga menyumbang sebanyak 35% GNP (Gross National Product) dalam negeri Thailand, namun hanya dialokasikan 2% saja APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) pemerintahan Bangkok untuk Negeri di Ujung Selatan ini.

Namun keeksotisan alam di Selatan negeri ini masih sangat kurang diketahui oleh orang Melayu. Orang Melayu hanya mengenal lewat buku pelajaran, media massa, ataupun cerita dari orang luar negeri tentang indahnya negeri mu di Ujung Selatan itu.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar